Pemberitahuan Gangguan Layanan Terkait Pusat Data Nasional 2

Jakarta, Indonesia – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan adanya gangguan layanan yang berdampak pada sejumlah aplikasi yang dihosting di Pusat Data Nasional (PDN) 2. Gangguan ini telah berlangsung sejak 20 Juni 2024 dan disebabkan oleh masalah teknis di pusat data.

Dalam surat yang dikeluarkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, dijelaskan bahwa layanan yang terdampak meliputi berbagai aplikasi penting seperti SINDE, KIP-Kuliah, Formulir, Portal PPKS, Beasiswa Kemdikbudristek, Awan Penggerak dan Layanan lainnya yang digunakan oleh satuan kerja di bawah naungan Kemendikbudristek. Surat tersebut merujuk pada pemberitahuan sebelumnya dari Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pusdatin Kemendikbudristek saat ini bekerja sama dengan Tim Pusat Data Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menangani masalah ini agar layanan dapat segera digunakan kembali.