LLDikti Wilayah XIII Lakukan Sosialisasi Hasil Evaluasi dan Revisi Proses Bisnis Tahun 2023

Sebagai bentuk respon atas Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) terbaru melalui Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, LLDikti Wilayah XIII melalui Tim Kerja Hukum dan Tata Laksana telah melakukan evaluasi dan revisi terhadap Proses Bisnis di lingkungan LLDikti Wilayah XIII. Untuk menginternalisasikan Proses Bisnis tersebut, pada Kamis, 30 Maret 2023 dilaksanakan Sosialisasi Hasil Evaluasi dan Revisi Peta Proses Bisnis di Lingkungan LLDikti Wilayah XIII tahun 2023 secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pegawai dari 9 Tim Kerja yang ada di LLDikti Wilayah XIII. 

Mengawali kegiatan sosialisasi ini, M. Fu’ad, S.Ag selaku Ketua Tim Kerja Hukum dan Tata Laksana LLDikti Wilayah XIII menyampaikan bahwa evaluasi dan revisi Proses Bisnis perlu dilakukan untuk mengidentifikasi tugas yang berulang dan yang menghambat, untuk menyesuaikan dengan OTK LLDikti terbaru, serta adanya pembaruan penyusunan Proses Bisnis dengan menggunakan aplikasi Bizagi. Fuad berharap dengan adanya Proses Bisnis terbaru ini dapat memudahkan LLDikti Wilayah XIII dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya serta memudahkan proses kerja yang telah ada sebelumnya.

Proses Bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan. Sebelumnya LLDikti Wilayah XIII telah memiliki Proses Bisnis yang disusun pada tahun 2022. Adapun Proses Bisnis tahun 2023 ini merupakan penyempurnaan atas Proses Bisnis yang telah disusun sebelumnya. Tim yang bekerja sama dalam menyusun Proses Bisnis ini, meninjau kembali tugas pokok dan fungsi LLDikti berdasarkan peraturan terbaru, serta mengidentifikasi layanan inti dan layanan pendukung yang disediakan oleh LLDikti Wilayah XIII.

Pada kegiatan sosialisasi ini, hadir Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah XIII, Drs. M. Najib, M.Pd yang memberikan materi dan pembahasan mengenai Evaluasi dan Revisi Peta Proses Bisnis. Dalam paparannya, Najib menyampaikan bahwa Peta Proses Bisnis yang telah disusun ini akan digunakan untuk dasar penataan organisasi serta penyusunan dan perbaikan Standard Operating Procedure (SOP), Standar Pelayanan Publik, dan Analisis Jabatan di lingkungan LLDikti Wilayah XIII. 

 “Dengan adanya peta proses bisnis yang baru ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan layanan dan kinerja LLDikti Wilayah XIII dalam rangka menjalankan tugas untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Tugas mulia kita adalah menjamin penyelenggaraan pendidikan tinggi agar menghasilkan mahasiswa yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri”, tutur Najib. 

Peta Proses Bisnis terbaru yang disosialisasikan pada hari ini, kemudian akan diinternalisasi kepada seluruh pegawai LLDikti Wilayah XIII. Selanjutnya akan disusun Prosedur Operasional Standar Administrasi Pemerintahan (POS-AP) dengan mengacu kepada Proses Bisnis yang telah disusun sebelumnya.

Adapun Proses Bisnis LLDikti Wilayah XIII terbaru dapat diunduh melalui laman resmi (website) pada menu Layanan

Leave a Reply

. . .
Scatter Hitam RTP Slot Gacor Slot Kamboja