Politeknik Kutaraja Wisuda Perdana, Direktur: 36 Lulusan Cumlaude

Oleh: Hasbi, S.Tr.M.
Staf Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat/Akademik
Politeknik Kutaraja

BANDA ACEH – Politeknik Kutaraja sebagai Perguruan Tinggi Vokasi yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja (YPSIK) melaksanakan prosesi wisuda mahasiswa pertamanya pada Sabtu (29/10/2022) pagi di Auditorium Politeknik Kutaraja dalam Rapat Senat Terbuka. Meskipun baru menggelar prosesi wisuda pertama yang meluluskan 73 mahasiswa, Direktur Politeknik Kutaraja menitip pesan kepada para wisudawan/i untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa, dunia usaha dan dunia industri.

Dalam amanatnya Direktur Politeknik Kutaraja Desy Puspita, S.P., M.M. menyampaikan Politeknik Kutaraja harus menjadi garda terdepan untuk memimpin pembangunan pendidikan di Aceh, jangan merasa pesimis dengan posisi dan keterbatasan yang dimiliki tetap semangat untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Politeknik Kutaraja memiliki peran strategis kedepan dalam program-program pembangunan pemerintah baik pusat maupun daerah, serta dalam rangka mendukung penuh terealisasi pendidikan vokasi kepada masyarakat di Aceh. Saat ini Politeknik Kutaraja tengah berfokus pada penyelenggaraan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, menggalakkan pendampingan dan menggiatkan peran UMKM di Aceh berbasis kewirausahaan sosial dan teknologi.

“Kita memiliki mimpi besar agar Politeknik Kutaraja kedepan menjadi role model Pendidikan Tinggi Vokasi yang memiliki daya saing tinggi di Indonesia” sebut Direktur Politeknik Kutaraja.

Dalam kesempatan yang sama Direktur menambahkan bahwa dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter merupakan sebuah kesadaran mutlak mengingat pendidikan tidak hanya sebatas pada Transfer of Knowledge saja, namun lebih jauh dari itu, utamanya dalam membentuk karakter dan watak seseorang untuk menjadi lebih baik dalam tataran etika, estetika atau perilaku sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Politeknik Kutaraja telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mendukung kompetensi para mahasiswa dan alumni, baik dengan Pemerintah Daerah, BUMN, Lembaga Swasta, Dunia Usaha dan Dunia Industri serta Perguruan Tinggi lain yang ada di Aceh, nasional, dan bahkan internasional.

“Kita telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pegadaian, BPJS, dan DJP Pajak Kanwil Aceh dalam literasi keuangan dan perpajakan serta telah mendirikan inkubator nasional dalam mendukung UMKM di Aceh” pungkas Desy.

Direktur mengakhiri amanatnya kepada para lulusan, bahwa kita sadari saat ini sebagian mahasiswa yang diwusuda hari ini telah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan, namun ia juga berpesan kepada segenap wisudawan/i terus berinovasi dan berkarya untuk kemajuan bangsa.

Wakil Direktur Akademik Zahriatul Aini, S.E., M.M. dalam laporannya menyampaikan, Politeknik Kutaraja mewisudakan 73 lulusan angkatan pertama yang berlangsung di Auditorium Politeknik Kutaraja terdiri dari 32 orang Sarjana Terapan angkatan 2018, 20 orang Diploma Tiga angkatan 2018, dan 21 orang Diploma Tiga 2019.

Ke-73 wisudawan/i tersebut meliputi Program Studi Sarjana Terapan Analis Keuangan dan Manajemen Keuangan Sektor Publik, serta Diploma Tiga Administrasi Perkantoran dan Akuntansi.

“Hari ini kita akan mewisudakan 73 lulusan sebanyak 24 orang laki-laki dan 49 orang perempuan, dengan Indeks Prestasi Komulatif bervariasi dan rata-rata 3.70”, ujar Wadir Akademik.

Ia juga merincikan dari wisudawan/i tersebut berdasarkan predikat sebanyak 36 orang lulus dengan predikat pujian (Cum Laude), dan sebanyak 36 orang lulus dengan predikat sangat memuaskan, serta 1 orang lulus dengan predikat memuaskan.

Turut hadir dalam prosesi wisuda tersebut Sub Koordinator Sistem Informasi dan Humas LLDIKTI Wilayah XIII bapak Ali Umar, S.Ag., M.Pd. yang mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah XIII, Pembina dan Pengurus Harian Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja (YPSIK), Dewan Penyantun Politeknik Kutaraja, serta para orang tua/wali para wisudawan/i Politeknik Kutaraja.

Mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Ali Umar, S.Ag., M.Pd. menyampaikan pentingnya peran Perguruan Tinggi dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan kesejahteraan umum. Perguruan Tinggi (PT) perlu berperan dalam meningkatkan daya saing PT dan lulusan, baik regional, nasional, maupun global. Saat ini pemerintah telah menggulirkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan harapan melalui kebijakan ini PT mampu meningkatkan kualitas daya saing mahasiswa dan alumninya, terutama Politeknik Kutaraja sebagai Perguruan Tinggi Vokasi harus mampu berkiprah dan unggul di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kita hari ini dapat melihat semangat Politeknik Kutaraja yang sangat luar biasa pada prosesi wisuda yang pertama ini, bahkan seperti yang disampaikan Ibu Direktur tadi, sudah ada wisudawan yang telah bekerja sebelum lulus kuliah” ujar Ali Umar.

Ia juga menyampaikan harapan agar Politeknik Kutaraja terus meningkatkan taraf kualitas lulusan dan menjadi lebih baik lagi dan unggul dimasa mendatang dan mengingatkan mahasiswa agar setelah kuliah tidak berkeinginan untuk menjadi PNS/ASN akan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk sendirinya bahkan untuk masyarakat disekitar dalam rangka mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan di Aceh.

Sementara itu, H. Musannif, S.E. selaku Dewan Penyantun Politeknik Kutaraja berharap agar setiap lulusan wajib meningkatkan kompetensinya dengan memperbanyak literasi dan mampu bersaing baik nasional, ASEAN, bahkan global.

“Mahasiswa jangan hanya berharap jadi PNS namun harus menjadi entrepreneur baik sebelum ataupun setelah lulus kuliah”, ucap Musannif.

Dengan memperbanyak literasi mahasiswa juga mampu menguasi kompetensi secara umum, tidak hanya skill atau keahlian yang sedang ditekuni di Perguruan Tinggi Vokasi. Memperdalam wawasan dan pengetahuan, ikhlaskan niat dan hidup untuk ibadah, dengan demikian diharapakan para lulusan sebagai generasi bangsa, tidak hanya menjadi penerus semata melainkan harus mampu menggantikan generasi sebelumnya. *HSB

#politeknikkutaraja
#kampusvokasi
#lldikti13aceh
#mahasiswavokasiaceh
#wisuda
#cumlaude

Leave a Reply

. . .
Slot Gacor Thailand