Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Internet Gratis, Akan Dimulai Maret 2021


SERAMBINEWS.COM –┬áKabar gembira menghampiri para siswa/mahasiswa dan guru/dosen saat proses belajar tatap muka mulai diterapkan pada tahun 2021. Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan pemberian kuota gratis internet bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen pada tahun ini. Bantuan berupa kuota gratis internet ini dinilai penting mengingat selama pandemi Covid-19 semua pelajar dan mahasiswa masih belajar di rumah.

Baru-baru ini, Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa tahun 2021, bantuan berupa kuota internet tetap akan dilaksanakan. Program ini akan dilanjutkan di bulan Maret, April, dan Mei 2021.

Bantuan kuota gratis internet sangat membantu Adanya bantuan kuota internet ini sebenarnya sangat membantu baik siswa maupun guru. Melansir laman kuota-belajar.kemdikbud.go.id, kuota internet yang diberikan terdiri dari dua macam. Yakni kuota umum yang merupakan kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Selain itu juga ada jenis kuota belajar yang merupakan kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Pembagian kuota internet gratis ini punya besaran yang berbeda. Bagi peserta didik jenjang PAUD, besaran kuota internet yang diberian 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum, 15 GB kuota belajar. Durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan. Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 35 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 30 GB kuota belajar dan durasi bantuan selama 4 bulan.

Sedangkan bagi Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapatkan kuota internet sebesar 42 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum, 37 GB kuota belajar dengan durasi bantuan 4 bulan. Bagi dosen dan mahasiwa, bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum, 45 GB kuota belajar dan durasi bantuan dilakukan selama 4 bulan.(*)

Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2021/02/06/alhamdulillah-kemendikbud-lanjutkan-bantuan-kuota-internet-gratis-akan-dimulai-maret-2021.

Leave a Reply