Peringati Bulan K3 Nasional, Unaya Gelar Kuliah Bersama Pakar

Banda Aceh – Dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) nasional, Program Studi Diploma 4 K3 Universitas Abulyatama (Unaya) mengadakan sebuah kegiatan yaitu Kuliah Bersama Pakar. Sabtu (23/01)

K3 Nasional ini merupakan program studi baru di Unaya, Kegiatan ini bertema “Program Studi K3 FKM Unaya Siap Berperan dalam Penguatan SDM yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha untuk Mewujudkan Pekerja Sehat, Produktif, dan Aman dari Covid-19.

Dr. Muhammad Ilham, S.T., M.T. Sekretaris LLDikti WIlayah XIII ikut hadir secara daring dalam kegiatan ini. Narasumber pada kegiatan ini adalah pengurus PAKKI (Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia) Provinsi Lampung, Bu Diah Ayu Wulandari Sulistyaningrum, S.T., M.Si.

Rektor Unaya, R. Agung Efriyo Hadi, Ph.D dalam sambutanya menyampaikan bahwa pertumbuhan industri di Indonesia terjadi dengan sangat cepat dan pembangunan infrastruktur juga dilakukan pemerintah untuk mengimbangi tuntutan pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Selain itu dengan kondisi Pandemi seperti saat ini maka aktivitas masyarakat dalam bidang apapun perlu dibarengi oleh pola kerja yang sehat dan selamat, yang diterjemahkan dalam pola Tatanan New Normal.

Rektor menegaskan bahwa disinilah mahasiswa harus cerdas melihat bahwa peluang berkembang dan kebutuhan SDM K3 yg unggul diperlukan. Sejalan dengan kebutuhan SDM bidang K3 maka Unaya telah bersiap dengan membuka Prodi vokasi Diploma Empat K3 dalam mendidik dan menghasilkan lulusan K3 yang unggul.

Rektor juga menambahkan bahwa terdapat tiga syarat untuk terciptanya K3 Unggul yaitu komitmen dan kepemimpinan manajemen, keterlibatan pekerja dalam hal sharing knowledge, dan tersedianya akses untuk kritikan dan saran yang membangun.

Pemimpin Unaya ini juga mengatakan Prodi K3 FKM Unaya dalam menjawab kriteria tersebut, akan mengembangkan kurikulum yang sejalan dengan tuntutan atau kebutuhan dunia kerja dan stakeholder lainnya, salah satunya dengan memiliki sertifikat kompetensi K3.“K3 harus bisa menjadi budaya beraktivitas dalam keseharian,” tuturnya.

Dr. Muhammad Ilham Maulana, S.T., M.T. dalam sambutannya menerangkan bahwa “K3 harus menjadi habit atau kebiasaan baru kita di masa pandemi seperti sekarang ini, menggunakan masker bukanlah karena takut terkena razia namun harus menjadi sebuah kesadaran dan budaya dalam keseharian, Selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan kuliah pakar Program Studi D4 K3 yang merupakan program studi baru di Universitas Abulyatama serta saat ini masih menjadi prodi K3 satu-satunya yang ada di Aceh.”

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini juga diikuti oleh peserta eksternal yang berasal dari berbagai instansi dan juga dari berbagai daerah diantaranya dari Dinkes Kabupaten Pidie, DPC Peradi Jaksel, Instansi Pemerintah, Institut Kesehatan Helvetia, Poltekkes Kemenkes Aceh, PT SYSLAB-Jakarta, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati, RSUD Kabupaten Bintan, RSUDZA, SMAN 1 Kota Sabang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammdyah Aceh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Ubudiyah Indonesia, dan Universitas Malahayati.

Leave a Reply

. . .