Umuslim Gelar Acara Peugah Haba Ngoen Aneuk Jeupang

BIREUEN, TEROPONG BARAT | Sebanyak 60 mahasiswa dari dua universitas yaitu universitas almuslim Peusangan Bireuen dan Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang melakukan komunikasi melalui zoome call dalam rangka melaksanakan silaturahmi antar mahasiswa di dunia.

Acara silaturahmi bertajuk Peugah Haba Ngoen Aneuk Jeupang ini , difasilitasi kantor urusan internasional (KUI) universitas almuslim, diikuti 30 mahasiswa dari universitas almuslim dan 30 dari universitas Nagoya Gakuin University Jepang, selain itu juga diikuti sejumlah dosen dari dua universitas.

Menurut Plt Kantor Urusan Internasional (KUI) universitas almuslim T.Cut Mahmud Aziz,S.Fil.MA kegiatan ini merupakan rangkaian terjalinnya kerjasama antar dua universitas yang telah berjalan beberapa tahun ini, jadi karena pandemi Covid-19, kita tidak bisa melakukan pertukaran dengan mengirimkan mahasiswa untuk kuliah secara langsung ,seperti yang sudah berlangsung beberapa angkatan, maka kita lakukan komunikasi melalui internet, jelas pon Cut.

Acara silaturahmi Peugah haba ngon aneuk jepang dibuka rektor universitas almuslim dr.Marwan Hamid,Mpd, yang mengapresiasi program silaturahmi digagas secara online ini, pihaknya ucapkan terima lasih pada buk Natsuko Saeki dan pihak KUI umuslim sehingga terselenggaranya program ini.

Harapannya kerjasama yang telah terbangun selama ini dapat berkesinambungan dan terus kita tingkatkan untuk masa yang akan datang, ujar Marwan Hamid yang baru beberapa harienjadi Rektor Umuslim.

Selain itu dari perwakilan NGU Jepang Saeki Natsuko (NGU) turut menyampaikan melalui zoom bahwa, sebenarnya tahun ini ada 3 mahasiswa dari Jepang yang akan belajar di umuslim, begitu juga sebaliknya tetapi karena kondisi Covid-19 maka ditunda dan akan diprogram kembali tahun depan, ujarnya

Acara berlangsung penuh kekeluargaan dan kebersamaan, peserta saling bertukar untuk saling belajar bahasa dan budaya masing-masing dengan bercerita dalam group kecil yang dipandu Ratna Walis (staf KUI) dan Muzakir serta dibantu beberapa mahasiswa umuslim yang pernah kuliah di Jepang, saat zoom caal ini mereka banyak bercerita sambil berpromosi tentang potensi dan keunikan yang ada di daerah masing-masing, seperti , makanan, wisata pakaian tradisionil, hobi dan lainya yang disukai mereka. (ZK)

Sumber : Klik

Leave a Reply

. . .