Politeknik Aceh Selatan Luncurkan Bilek Desinfektan, Akan Ditempatkan Di RSUYA

LIPUTANRAKYAT.COM, Tapaktuan| Politeknik Aceh Selatan (POLTAS) berhasil menciptakan sarana desinfektan otomatis untuk mencegah penyebaran Corona Virus Desiases 2019 (COVID 19).

Direktur Poltas, Muhammad Yasar mengatakan inisiasi penciptaan sarana yang dinamai Bilek Desinfektan Poltas itu adalah para dosen Poltas antara lain Khairuman, Herry Setiawan, Dirja Nur Ilham, Amsar, Eri Satria, Hermalinda, Fera Anggreini, Rudi Chandra dan Hasbaini.

Menurut Yasar, alat tersebut nantinya akan berfungsi sebagai desinfektan otomatis untuk seterilisasi kemungkinan penyebaran virus corona pada tubuh manusia.

“Inovasi ini diberi nama Bilek Desinfektan Poltas, cara kerja alat sangat sederhana, orang yang ingin mengseterilkan diri tinggal masuk ke dalam kotak kaca lalu alat penyemprot desinfektan akan bekerja secara otomatis menyemburkan cairan desinfektan, alat tersebut akan berhenti (menyemprot) disaat orang keluar dari Bilek, kerja alat dibantu oleh sistem sensor pendeteksi tubuh manusia,” jelasnya kepada LIPUTANRAKYAT.COM, di Tapaktuan, Rabu (25/3)

Uji coba Bilek Desinfektan Poltas
Menurutnya saat ini Poltas hanya mampu menfasilitasi proses pembuatan untuk satu unit yang rencananya akan ditempatkan di pelataran kampus sebagai upaya Poltas dalam memproteksi para dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan agar terhindar dari virus berbahaya tersebut.

“Namun mengingat per 26 Maret 2020 ini Poltas menghentikan total segala bentuk aktivitas kantor dengan bekerja di rumah maka kemungkinan alat yang merupakan inovasi dosen ini akan ditempatkan di Rumah Sakit Yulidin Away Tapaktuan,” lanjutnya.

Ia berharap ada pihak yang dapat membantu untuk produksi sehingga nantinya alat tersebut dapat ditempatkan di beberapa lokasi strategis lainnya di Aceh Selatan.

” Harapan kami kepada pemerintah kabupaten agar dapat membantu kami agar dapat dilakukan produksi beberapa unit untuk ditempatkan di beberapa titik yang menjadi kemungkinan sebagai pintu masuk penyebaran virus yang sangat menakutkan ini, Poltas juga siap bekerjasama dan membantu semua pihak yang ingin mengembangkan inovasi ini,” harapnya.(Safdar.S)

Sumber : Klik

Leave a Reply

. . .