LLDikti Wilayah XIII Ikuti Monev yang Dilaksanakan KSPK

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik (KSKP) laksanakan sosialisasi Monitoring dan Evaluasi ULT, PPID, Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Monev Hubungan Media, Laman, dan Medsos yang berlangsung di Balai Senat, Biro Rektor Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (6/11/19).

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Hizir sebagai Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Unsyiah ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik khususnya dalam hal ULT, PPID & LAPOR! yang telah dilaksanakan selama kurun waktu satu tahun terakhir. Selain itu juga untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik dan memberikan umpan balik dan solusi pemecahan atas permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada PTN dan LLDIKTI.

Penyampaian sosialisasi ini dipaparkan oleh Kabag Komunikasi Publik, Kemenristekdikti Yayad Hendayana S.S., M.Si, Kasubbag Komunikasi dengan Internal dan Layanan Informasi Publik, Dinna Handini, S.Sos, M.I.Kom, Kasubbag Komunikasi dengan Lembaga, Ayu Pravita Sari dan Kasubbag Komunikasi dengan Media Massa, Firman Hidayat, S.S., M.Si.

Yayad Hendayana dalam paparannya menyampaikan pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan terhadap ULT, PPID, & LAPOR! PTN dan LLDIKTI 2019 se Provinsi Aceh bertujuan untuk mendapatkan input masukan terhadap permasalahan dalam upaya peningkatan layanan informasi publik dilingkungan Kemenristekdikti baik terkait ULT maupun hal-hal lainnya.

“Kita sengaja turun ke Aceh dan bertemu dengan bapak ibu semua yang selama ini konsen dibidang kehumasan, PPID dan LAPOR!, berharap Januari 2020 nanti saat penyerahan Anugerah Humas Ristekdikti (AHR) dapat dimenangkan oleh Perguruan Tinggi diluar pulau Jawa, salah satunya Aceh.” Kata Kang Yayad panggilan akrabnya.

Dijelaskan Yayad, bahwa hasil monev (monitoring dan evaluasi) sebagai indikator pelaksanaan keterbukaan informasi berdasarkan Undang-Undang 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik akan dilaporkan ke Presiden dan DPR RI. Monev adalah salah satu upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik adalah kriteria ketujuh dari 8 area perubahan menuju Reformasi Birokrasi. Reformasi birokrasi pada hakikatnya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan juga merupakan upaya dalam melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business process) dan sumber daya manusia khususnya di lingkungan Kementerian Ristekdikti yang sudah berjalan selama 5 tahun belakangan.

Sementara Dinna Handini memaparkan tentang prosesi Anugerah Humas Ristekdikti (AHR) 2019 yang meliputi tahapan AHR yaitu proses register, pengisian kuesioner, presentasi, pengumuman dan pemberian anugerah pada januari 2020. Selain AHR, Dinna juga turut menjelaskan tentang tips untuk mewujudkan Unit Layanan Terpadu di Perguruan Tinggi, tahap pertama bisa dilakukan inventarisir layanan yang dapat dilakukan di ULT, Layanan seperti legalisir ijazah, surat aktif kuliah, peminjaman gedung, KTM mahasiswa, pengaduan dan lain-lain. Selain itu bisa dilakukan benchmarking study ke PT yang telah sukses menyelenggarakan ULT.

Firman Hidayat dan Ayu Pravita Sari lebih detail memaparkan tentang pengelolaan komunikasi lembaga, pengelolaan goverment public relations.

“Humas sebagai corong penyampaian informasi kepada masyarakat perlu meningkatkan kerjasama dengan media terutama yang terverifikasi dewan pers, sehingga informasi positif tentang kampus dapat tersebar kepada masyarakat secara lebih luas”. Terang Firman

Lebih lanjut, Firman menerangkan ada beberapa bentuk kegiatan yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kerjasama dengan Public Relations (PR) yaitu media visits, press conference, media gathering, press tour, media brefing dan news release.

LLDikti Wilayah XIII menugaskan Bapak Ali Umar, S.Ag, M.Pd. Kasubbag Sistem Informasi dan Kerja Sama, Ibu Fitria Larasati, S.T., staf pengelola laman LLDikti dan Nanda Rizki Julisni, A.Md. Keb. Staf petugas Unit Layanan Terpadu (ULT).

disunting dari sumber utama di sini

Leave a Reply