Panduan Pembelajaran Kebencanaan di PT dan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019

Kepada Yth.

  1. Pimpinan Perguruan Tinggi
  2. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I – XIV

Melalui proses pembelajaran, perguruan tinggi (PT) berperan penting dalam menghasilkan sumber daya insani yang cakap dan berwawasan pengurangan risiko bencana (PRB). Karena itu, proses pembelajaran di PT perlu dipastikan dapat menghasilkan lulusan dengan cara pandang (mindset) yang tepat dan berprilaku selaras dengan prinsip-prinsip PRB.

Untuk maksud tersebut, kami mohon semua PT dapat mewarnai proses pembelajaran di lingkungannya dengan materi kebencanaan sesuai dengan kondisi dan sumber daya yang tersedia. Sebagai bahan rujukan, Saudara dapat mengacu pada Panduan Pembelajaran Kebencanaan untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi sebagaimana terlampir.

Sebagai langkah awal bersama, kami juga mendorong semua PT agar dapat memaknai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), pada 26 April 2019, dengan:

  1. Melaksanakan berbagai kegiatan terkait, seperti apel kesiapsiagaan, simulasi bencana, latihan evakuasi mandiri, atau kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dan potensi bencana di wilayah masing-masing. Diharapkan kegiatan tersebut dilakukan serentak pada pukul 10:00-12:00 waktu setempat, sebagaimana himbauan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui surat Nomor B-139.B/Ka-BNPB/PK.03.01/02/2019 tanggal 28 Februari 2019, perihal Himbauan Simulasi Bencana Serentak di Unit/Perguruan Tinggi. Informasi terkait juga dapat didapatkan dari lamanhttps://siaga.bnpb.go.id/hkb/.
  2. Mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan peringatan HKB (melalui foto/video singkat) dengan menambahkan tagar #hkb2019 #mahasiswasadarbencana #kampustangguhbencana #belmawa #dibelmawa. Dokumentasi terbaik akan mendapatkan apresiasi dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Demikian, atas perhatian dan kerja sama yang baik disampaikan terima kasih.

Panduan klik tautan di bawah ini:

Leave a Reply

. . .