Kemenristekdikti Raih Penghargaan TOP 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018
*No : 214/SP/HM/BKKP/XI/2018*
*Kemenristekdikti Raih Penghargaan “TOP 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018”*
Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) meraih penghargaan “TOP 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik” tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Kemenristekdikti merupakan satu-satunya Kementerian yang meraih penghargaan ini, diantara 10 lembaga pemerintah lainnya.
Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin kepada Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im yang didampingi oleh Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi, serta Tim LAPOR (Munawir Razak, Dinna Handini, Sumaryanto, Annisa Prajna), pada Penutupan “The International Public Service Forum 2018” di Jakarta Convention Center, Jakarta (8/11).
Sekretaris Jenderal Ainun Naim mengungkapkan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kecepatan Kemenristekdikti dalam menyelesaikan keluhan masyarakat dan menindaklanjuti aspirasi melalui LAPOR dan kanal yang lain. Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena Kemenristekdikti merupakan satu-satunya Kementerian yang masuk ke dalam 10 lembaga pemerintah terbaik dalam pengelolaan pengaduan dan pelayanan publik.
“Tentu kita patut berbangga bersyukur atas penghargaan ini. Karena kerja keras segenap jajaran Kemenristekdikti, Narahubung Lapor di Perguruan Tinggi, L2Dikti, Politeknik diapresiasi, maka kita menjadi salah satu yang terbaik”, ucapnya.
Sekjen Ainun mengungkapan, Kemenristekdikti akan terus berbenah menjadi lembaga yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap kebijakan Kemenristekdikti dapat terus dinamis dan relevan, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Menpan-RB Syafruddin berharap dengan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemenpan-RB, hal ini dapat memotivasi lembaga pemerintah lainnya, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya, dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Ia menyerukan agar lembaga pemerintah dapat lebih meningkatkan pelayanan publik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
“Mari kita semua bangkit. Negara betul-betul harus melayani publik dan mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat,” kata Menteri Syafruddin dalam sambutannya.
Adapun 10 lembaga pemerintah yang ditetapkan sebagai “TOP 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik” tahun 2018, yakni :
1.BPJS Kesehatan
2.Badan Pengawas Obat dan Makanan
3.Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
4.Pemerintah Kab. Banyuwangi
5.Pemerintah Kab. Bojonegoro
6.Pemerintah Kota Bandung
7.Pemerintah Kota Cirebon
8.Pemerintah Kota Semarang
9.Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
10.Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Rizqa Dwi Ananda
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti
Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin kepada Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im yang didampingi oleh Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi, serta Tim LAPOR (Munawir Razak, Dinna Handini, Sumaryanto, Annisa Prajna), pada Penutupan “The International Public Service Forum 2018” di Jakarta Convention Center, Jakarta (8/11).
Sekretaris Jenderal Ainun Naim mengungkapkan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kecepatan Kemenristekdikti dalam menyelesaikan keluhan masyarakat dan menindaklanjuti aspirasi melalui LAPOR dan kanal yang lain. Ia mengungkapkan rasa syukurnya karena Kemenristekdikti merupakan satu-satunya Kementerian yang masuk ke dalam 10 lembaga pemerintah terbaik dalam pengelolaan pengaduan dan pelayanan publik.
“Tentu kita patut berbangga bersyukur atas penghargaan ini. Karena kerja keras segenap jajaran Kemenristekdikti, Narahubung Lapor di Perguruan Tinggi, L2Dikti, Politeknik diapresiasi, maka kita menjadi salah satu yang terbaik”, ucapnya.
Sekjen Ainun mengungkapan, Kemenristekdikti akan terus berbenah menjadi lembaga yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap kebijakan Kemenristekdikti dapat terus dinamis dan relevan, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Menpan-RB Syafruddin berharap dengan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemenpan-RB, hal ini dapat memotivasi lembaga pemerintah lainnya, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya, dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Ia menyerukan agar lembaga pemerintah dapat lebih meningkatkan pelayanan publik, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
“Mari kita semua bangkit. Negara betul-betul harus melayani publik dan mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat,” kata Menteri Syafruddin dalam sambutannya.
Adapun 10 lembaga pemerintah yang ditetapkan sebagai “TOP 10 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik” tahun 2018, yakni :
1.BPJS Kesehatan
2.Badan Pengawas Obat dan Makanan
3.Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
4.Pemerintah Kab. Banyuwangi
5.Pemerintah Kab. Bojonegoro
6.Pemerintah Kota Bandung
7.Pemerintah Kota Cirebon
8.Pemerintah Kota Semarang
9.Pemerintah Provinsi Jawa Tengah
10.Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Rizqa Dwi Ananda
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti